Dear Ex-Isro …

  Hello, Al-Isro!  How’s life? Tiap liat Pak Tara nyetatus foto kalian, atau mamah kalian bikin status, rasanya saya masih Walas kalian. Kaya belum nerima aja kenyataan bahwa kita gak lagi bersama. Padahal setahun kemarin, pagi siang malam hape selalu rame notif entah dari kalian, entah dari orang tua kalian. Dari perkara Birul nanyain sekolah pake seragam apa, Sam nanya daring apa luring, sampe urusan gak penting dari Rai yang pertanyaannya suka absurd. Sementara sekarang, saya nyaris belum kenal kelas baru yang saya walikelasi, baik anak-anaknya maupun orang tuanya. Jadinya belum ada titik temu mau ngobrol apa atau bercanda apa sama kelas sekarang. Kondisi ini rasanya kaya hubungan yang dipaksa putus pas lagi sayang-sayangnya, lalu tiba-tiba dijodohin sama orang baru yang belum kenal. Statusnya sama orang baru, tapi hatinya masih sama orang lama. Aduduh …  Gini nih kalo udah putus tapi masih sayang, susah move on. Tiap liat Fachri, Davi, Otir ngumpul, bawaannya pengen motoin. Tiap li

Doktrin Kepercayaan Dalam Islam


1. Pengertian
  • Kata doktrin berasal dari kata “ doctrine ” yang berarti ajaran, norma yang diambil dari wahyu yang diturunkan Tuhan, atau pemikiran mendalam dan filosofis yang diyakini mengandung kebenaran
  • Kepercayaan artinya anggapan atau keyakinan bahwa sesuatu yang dipercayai itu benar atau nyata
  • Doktrin kepercayaan artinya suatu ajaran tentang keyakinan bahwa sesuatu yang dipercayai itu benar atau nyata
2. Doktrin Kepercayaan Dalam Islam
  1. Iman Kepada Allah; Doktrin kepercayaan yang paling dasar dalam Islam adalah Kepercayaan kepada Allah, tidak dapat ditawar-tawar lagi.
    Bentuk pernyataan pengakuan terhadap Allah berimplikasi pada pada pengakuan lainnya yang berhubungan dengannya. Seperti dzat Allah, sifat-sifat Allah, kehendak Allah, perbuatan (af’al Allah ) ia merupakan refleksi dari Tauhid Allah yang menjadi inti ajaran Islam.


  2. Iman Kepada Malaikat Allah; Malaikat adalah makhluk yang memiliki kekuatan-kekuatan yang patuh pada ketentuan dan perintah Allah.
    Doktrin iman kepada malaikat merupakan keyakinan adanya malaikat, dan merupakan bagian dari rukun iman.
    Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, Allah menciptakan mereka dari cahaya.
    Malaikat selalu taat kepada-Nya, tidak pernah berdosa.  Tak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah saja yang mengetahui jumlahnya.

  3. Iman Kepada Kitab Allah; Iman kepada Kitab Allah, artinya mempercayai dan meyakini sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitabnya kepada para nabi atau rasul yang berisi wahyu Allah untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia; Kitab-kitab terbagi menjadi dua jenis : tertulis (Taurat, Zabur, Injil, Alquran) dan tidak tertulis (Alam Semesta).

  4. Iman Kepada Rasul Allah
  5. Iman Kepada Hari Akhir
  6. Iman Kepada Takdir Allah
3. Doktrin keimanan yang dinyatakan dalam Alquran

  • Allah itu Esa
  • Allah tak punya sekutu
  • Segala makhluk mengabdi dan meminta pertolongan kepada-Nya
4. Dalil kemustahilan menemukan wujud Allah : QS. Al-An'am ayat 103
5. Argumen keberadaan Allah yang mendukung keberadaan Tuhan

  • Alam semesta ada dari yang tidak ada (creatio ex-nihilo)
  • Alam semesta ini berasal dari sel (jauhaar) yang merupakan inti
  • Alam semesta ini ada yang menciptakan
6. Kalimat Toyyibah adalah suatu pernyataan pengakuan tentang keberadaan Allah Yang Maha Esa, dan merupakan bagian dari lafadz syahadatain yang harus diucapkan oleh seseorang yang hendak masuk islam.

Komentar