Khutbah Jumat - Empat Hal untuk Menggapai Kesempurnaan Puasa

Khutbah I Kesempurnaan Puasa شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْققَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ Hadirin rahimakumullah Puasa adalah salah satu upaya kita untuk menggapai ketakwaan. Setelah segala upaya kita dalam menjalankan puasa, mulai dari bangun sahur, menahan lapar dan dahaga, menahan nafsu, serta mengisi puasa ini dengan berbagai kerja-kerja kebaikan, kita sangat berharap bahwa puasa kita bisa berjalan dengan sempurna. Sempurna dalam waktunya: waktu imsaknya, waktu iftarnya, hari mulainya, juga hari lebarannya. Pun sempurna dalam pelaksanaannya.  Dalam kesempatan yang baik ini, khatib ingin bicara tentang kesempurnaan puasa dari segi pelaksanaanya. Ba

Doktrin Kepercayaan Dalam Islam


1. Pengertian
  • Kata doktrin berasal dari kata “ doctrine ” yang berarti ajaran, norma yang diambil dari wahyu yang diturunkan Tuhan, atau pemikiran mendalam dan filosofis yang diyakini mengandung kebenaran
  • Kepercayaan artinya anggapan atau keyakinan bahwa sesuatu yang dipercayai itu benar atau nyata
  • Doktrin kepercayaan artinya suatu ajaran tentang keyakinan bahwa sesuatu yang dipercayai itu benar atau nyata
2. Doktrin Kepercayaan Dalam Islam
  1. Iman Kepada Allah; Doktrin kepercayaan yang paling dasar dalam Islam adalah Kepercayaan kepada Allah, tidak dapat ditawar-tawar lagi.
    Bentuk pernyataan pengakuan terhadap Allah berimplikasi pada pada pengakuan lainnya yang berhubungan dengannya. Seperti dzat Allah, sifat-sifat Allah, kehendak Allah, perbuatan (af’al Allah ) ia merupakan refleksi dari Tauhid Allah yang menjadi inti ajaran Islam.


  2. Iman Kepada Malaikat Allah; Malaikat adalah makhluk yang memiliki kekuatan-kekuatan yang patuh pada ketentuan dan perintah Allah.
    Doktrin iman kepada malaikat merupakan keyakinan adanya malaikat, dan merupakan bagian dari rukun iman.
    Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, Allah menciptakan mereka dari cahaya.
    Malaikat selalu taat kepada-Nya, tidak pernah berdosa.  Tak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah saja yang mengetahui jumlahnya.

  3. Iman Kepada Kitab Allah; Iman kepada Kitab Allah, artinya mempercayai dan meyakini sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitabnya kepada para nabi atau rasul yang berisi wahyu Allah untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia; Kitab-kitab terbagi menjadi dua jenis : tertulis (Taurat, Zabur, Injil, Alquran) dan tidak tertulis (Alam Semesta).

  4. Iman Kepada Rasul Allah
  5. Iman Kepada Hari Akhir
  6. Iman Kepada Takdir Allah
3. Doktrin keimanan yang dinyatakan dalam Alquran

  • Allah itu Esa
  • Allah tak punya sekutu
  • Segala makhluk mengabdi dan meminta pertolongan kepada-Nya
4. Dalil kemustahilan menemukan wujud Allah : QS. Al-An'am ayat 103
5. Argumen keberadaan Allah yang mendukung keberadaan Tuhan

  • Alam semesta ada dari yang tidak ada (creatio ex-nihilo)
  • Alam semesta ini berasal dari sel (jauhaar) yang merupakan inti
  • Alam semesta ini ada yang menciptakan
6. Kalimat Toyyibah adalah suatu pernyataan pengakuan tentang keberadaan Allah Yang Maha Esa, dan merupakan bagian dari lafadz syahadatain yang harus diucapkan oleh seseorang yang hendak masuk islam.

Komentar