Khutbah Jumat - Empat Hal untuk Menggapai Kesempurnaan Puasa

Khutbah I Kesempurnaan Puasa شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْققَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ Hadirin rahimakumullah Puasa adalah salah satu upaya kita untuk menggapai ketakwaan. Setelah segala upaya kita dalam menjalankan puasa, mulai dari bangun sahur, menahan lapar dan dahaga, menahan nafsu, serta mengisi puasa ini dengan berbagai kerja-kerja kebaikan, kita sangat berharap bahwa puasa kita bisa berjalan dengan sempurna. Sempurna dalam waktunya: waktu imsaknya, waktu iftarnya, hari mulainya, juga hari lebarannya. Pun sempurna dalam pelaksanaannya.  Dalam kesempatan yang baik ini, khatib ingin bicara tentang kesempurnaan puasa dari segi pelaksanaanya. Ba

Pendidikan dan Tanggung Jawab



Sebagaimana kita tahu bahwa pendidikan adalah bagian paling penting dalam kehidupan kita. Hal ini menjadi titik tolak yang secara intens akan membentuk manusia yang baik dan sempurna. Orang berpendidikan tentu akan berbeda dengan orang yang tidak berpendidikan. Bahkan di antara orang-orang berpendidikan pun, ada banyak perbedaan, sebagaimana berbedanya aspek-aspek pendidikan seperti tenaga pendidikan, peserta didik, metode, kurikulum, dan evaluasi. Membentuk manusia yang baik dan sempurna, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak hal yang menjadi faktor-faktor tantangan yang harus dilewati pendidikan itu sendiri, demi terwujudnya tujuan yang baik itu.  Maka dari itu, perlu adanya penanggung jawab untuk menangani masalah pendidikan ini.
Esensi pendidikan hari ini, rupanya harus dipikul tidak hanya oleh lembaga pendidikan, baik formal maupun non-formal, tapi juga menjadi tanggung jawab bagi orang tua, masyarakat, agama, dan pemerintah. Dengan begitu, ada sinergi sistem yang baik dan saling mendukung satu sama lain. Sebagai contoh, kita melihat bagaimana orang tua mendukung prospek pendidikan bagi anak-anaknya. Mereka mendukung anak-anaknya untuk masuk sekolah dasar, dan terus mendukungnya untuk masuk pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bahkan sewaktu-waktu, ada orang tua yang secara intens mengantar anak-anaknya ke sekolah dan konsultasi dengan lembaga terkait. Artinya, ada kerjasama antara orang tua dan pihak lembaga pendidikan untuk mewujudkan peserta didik (manusia) yang baik dan ‘manusia’.
Keluarga sebagai sarana pewaris budaya yang paling utama, secara sadar atau tidak telah memiliki tuntutan untuk memberikan pendidikan kepada generasi berikutnya (anak) sedini mungkin. Namun tidak sah rasanya jika pendidikan itu hanya ter-implementasi di dalam rumah. Karena pada kenyataannya, ada lingkungan masyarakat yang terkadang mampu memberikan pengaruh jauh lebih besar dibanding pengaruh yang diberikan keluarga. Artinya, masyarakat juga memiliki tanggung jawab untuk menciptakan pendidikan yang baik.
Masyarakat adalah satu elemen yang sangat majemuk dan universal. Tidak ada batasan pasti sejauh mana masyarakat memberikan pengaruh positif atau negatif terhadap potensi kemanusiaan seseorang. Pengaruh yang masuk bisa bersifat damai, masuk alam bawah sadar (penetratio pasifique), atau bisa juga berlangsung secara paksa (penetratio violence). Untuk menanggapi itu, perlu ada satu tata aturan yang kuat, di luar aturan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat. Jawabannya adalah agama. Agama sebagai satu sumber dan landasan paling penting dalam pelaksanaan pendidikan, baik teoretis  maupun teknis. Agama merupakan hal paling esensi-al yang dibutuhkan manusia secara universal. Membimbing arah langkah manusia menuju kebaikan, dengan unsur-unsur yang dimilikinya seperti adanya Tuhan, kitab suci, pembawa ajaran, dogma, dan aliran-aliran. Semua ini bertujuan untuk membentuk manusia yang baik, bermoral, dan ‘manusia’. Artinya agama juga memiliki tanggung jawab, dan agam secara realistis telah memberikan itu. Tanggung jawab yang diberikannya berupa adanya nabi/rasul yang membimbing akhlak manusia pada akhlak yang baik, adanya kitab suci yang menjadi pedoman interaksi dan cara menjalankan kehidupan, dan lain sebagainya.
Dan terakhir, yang selama ini dipandang paling berpengaruh oleh khalayak ramai dalam dunia pendidikan bagi masyarakat adalah peran pemerintah. Pemerintah sebagai pengayom masyarakat di tatanan daerah tertentu memiliki satu tuntutan untuk menjadikan masyarakatnya berpendidikan. Di indonesia, pemerintah telah membentuk Undang-undang tentang pendidikan ( UU Nomor 20 Tahun 2003 Bab 1 Ayat 1), dan mewajibkan masyarakatnya untuk menempuh pendidikan dasar sekurang-kurangnya 9 tahun, dan bebas dari biaya. Dalam hal ini, sekolah sebagai lembaga pendidikan formal, menjadi pusat perhatian bagi banyak elemen. karena sekolah lah yang menangani secara langsung bagaimana pendidikan itu berjalan. tiada lain, bahwa promotor pendidikan di mana pun itu, adalah seorang guru. Dapat dibayangkan betapa besar jasanya seorang guru, sebagai ujung tombak pembentuk manusia yang baik dan sesuai harapan (perfect human being).

Komentar