Perbincangan Culture Shock di Amerika

  Beberapa minggu lalu, saya ketemu Pak Marpu di pesantrennya. Pak Marpu adalah guru pertama yang ngajarin saya Fikih sewaktu kelas satu MTs dulu. Salah satu yang kita obrolin waktu ketemu itu adalah soal bagaimana saya melihat sekaligus menyikapi Amerika yang dulu saya ekspektasikan, dengan Amerika yang saat ini saya alami. Tentu saja ada gap di antara keduanya, sesiap apapun mental dan fisik kita menghadapi kehidupan Amerika yang sudah sedikit banyak bisa diketahui dari media. Saya kaget bahwa di DC orang bisa ngeganja dengan bebas. Orang ngelinting di bis, di kereta, atau di taman adalah hal yang sering saya temui. Di New York, perempuan bisa bebas bertelanjang dada, juga berjemur di rerumputan Central Park hanya dengan  two piece  layaknya di pantai. Sajian  wine  di acara resmi, orang ke klub seks, orang tidak beragama, orang menikah sesama jenis, adalah list  culture shock  yang sebenarnya tidak perlu dikagetkan lagi kalo bicara Amerika, toh hal-hal itu sudah banyak ternarasikan

Hakikat, Fungsi, dan Karakteristik Bahasa Arab


A.     Hakikat Bahasa
·      Bahasa adalah sistem lambang bunyi yg arbitrer, yg digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri. (KBBI).
·      Language is  a system of arbritary, vocal, symbol which permit all people in a given culture, or other people whio can learned the system if the culture to communicate or to interact.(E.H Strutevan).
·      Ibnu Manzhur dalam Lisan al-Arab mendefinisikan bahasa dengan :
·       
أصوات يعبر بها كل قوم عن أغرادهم
(Berbagai bunyi yang digunakan masyarakat untuk mengungkapkan berbagai maksud atau tujuan mereka.)
·      Berdasarkan konteks ini, bahasa Arab adalah (Musthafa al-Ghalayaini, Jami ad-Durus al-Arabiyah,2005:7)
الكَلِمَاتُ الَّتِي يُعَبِّرُ بِهَا الْعَرَبُ عَنْ أَغْرَاضِهِمْ وَقَدْ وُصِلَتْ إِلَيْنَا مِنْ طَرِيْقِ النَّقْلِ وَحَفِظَهَا لَنَا الْقُرْآنُ الْكَرِيْمُ وَ اْلأَحَادِيْثُ الشَّرِيْفَةُ وَمَا رَوَاهُ الثِّقَاتُ مِنْ مَنْثُورِ الْعَرَبِ وَمَنْظُومِهِمْ
( Berbagai kata yang digunakan orang-orang Arab untuk mengungkapkan berbagai maksud atau tujuan mereka, disampaikan pada kita dengan jalan menukil/ transfer/ riwayat, dihimpun dan dijaga kepada kita oleh al-Quran al-Karim dan hadits-hadits mulia, dan berbagai riwayat terpercaya berupa prosa-prosa dan syair-syair Arab.)


B.     Fungsi Bahasa
1.      Bahasa sebagai alat ekspresi diri
2.      Bahasa sebagai alat Komunikasi
3.      Bahasa sebagai integrasi dan adaptasi social
4.      Bahasa sebagai alat control sosial

C.     Bahasa Arab dan Karakteristiknya
1.      Karakteristik Universal
a.       Bahasa Arab memiliki ragam bahasa yang meliputi ragam social (sosiolek), ragam geografi, dan  ragam idiolek (لهجة فردية).
b.      Bahasa Arab dapat diekspresikan secara lisan atau pun tulisan.
c.       Bahasa Arab memiliki system, aturan dan perangkat yang tertentu, yang antara lain: sistemik, sistematis, dan komplit,
d.      Bahasa Arab memiliki sifat yang arbitrer dan simbolis.
e.       Bahasa Arab berpotensi untuk berkembang, produktif dan kreatif.
f.       Bahasa Arab merupakan fenomena individu dan fenomena sosial.

2.      Karakteristik Unik
a.       Aspek Bunyi
Vokal panjang dianggap sebagai fonem, bunyi tenggorokan (أصوات الحلق), bunyi tebal  (أصوات مطبقة), Tekanan bunyi dalam kata (النبر ), bunyi bilabial dental  (شفوى أسنـانى ).
b.      Aspek Kosakata
Pola pembentukan kata bahasa arab sangat fleksibel, baik melalui derivasi (تصريف استـقاقى )maupun dengan cara infleksi (تصريف إعرابـى ).
c.       Aspek Kalimat
Meliputi i`rab, jumlah fi`liyah dan jumlah ismiyah, dan muthabaqah(kesesuaian).
d.      Aspek Huruf
Setiap huruf hanya melambangkan satu bunyi, memiliki ragam penempatan kata dan penulisannya dari kanan ke kiri.

Komentar