Khutbah Jumat - Empat Hal untuk Menggapai Kesempurnaan Puasa

Khutbah I Kesempurnaan Puasa شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْققَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ Hadirin rahimakumullah Puasa adalah salah satu upaya kita untuk menggapai ketakwaan. Setelah segala upaya kita dalam menjalankan puasa, mulai dari bangun sahur, menahan lapar dan dahaga, menahan nafsu, serta mengisi puasa ini dengan berbagai kerja-kerja kebaikan, kita sangat berharap bahwa puasa kita bisa berjalan dengan sempurna. Sempurna dalam waktunya: waktu imsaknya, waktu iftarnya, hari mulainya, juga hari lebarannya. Pun sempurna dalam pelaksanaannya.  Dalam kesempatan yang baik ini, khatib ingin bicara tentang kesempurnaan puasa dari segi pelaksanaanya. Ba

Hakikat, Fungsi, dan Karakteristik Bahasa Arab


A.     Hakikat Bahasa
·      Bahasa adalah sistem lambang bunyi yg arbitrer, yg digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri. (KBBI).
·      Language is  a system of arbritary, vocal, symbol which permit all people in a given culture, or other people whio can learned the system if the culture to communicate or to interact.(E.H Strutevan).
·      Ibnu Manzhur dalam Lisan al-Arab mendefinisikan bahasa dengan :
·       
أصوات يعبر بها كل قوم عن أغرادهم
(Berbagai bunyi yang digunakan masyarakat untuk mengungkapkan berbagai maksud atau tujuan mereka.)
·      Berdasarkan konteks ini, bahasa Arab adalah (Musthafa al-Ghalayaini, Jami ad-Durus al-Arabiyah,2005:7)
الكَلِمَاتُ الَّتِي يُعَبِّرُ بِهَا الْعَرَبُ عَنْ أَغْرَاضِهِمْ وَقَدْ وُصِلَتْ إِلَيْنَا مِنْ طَرِيْقِ النَّقْلِ وَحَفِظَهَا لَنَا الْقُرْآنُ الْكَرِيْمُ وَ اْلأَحَادِيْثُ الشَّرِيْفَةُ وَمَا رَوَاهُ الثِّقَاتُ مِنْ مَنْثُورِ الْعَرَبِ وَمَنْظُومِهِمْ
( Berbagai kata yang digunakan orang-orang Arab untuk mengungkapkan berbagai maksud atau tujuan mereka, disampaikan pada kita dengan jalan menukil/ transfer/ riwayat, dihimpun dan dijaga kepada kita oleh al-Quran al-Karim dan hadits-hadits mulia, dan berbagai riwayat terpercaya berupa prosa-prosa dan syair-syair Arab.)


B.     Fungsi Bahasa
1.      Bahasa sebagai alat ekspresi diri
2.      Bahasa sebagai alat Komunikasi
3.      Bahasa sebagai integrasi dan adaptasi social
4.      Bahasa sebagai alat control sosial

C.     Bahasa Arab dan Karakteristiknya
1.      Karakteristik Universal
a.       Bahasa Arab memiliki ragam bahasa yang meliputi ragam social (sosiolek), ragam geografi, dan  ragam idiolek (لهجة فردية).
b.      Bahasa Arab dapat diekspresikan secara lisan atau pun tulisan.
c.       Bahasa Arab memiliki system, aturan dan perangkat yang tertentu, yang antara lain: sistemik, sistematis, dan komplit,
d.      Bahasa Arab memiliki sifat yang arbitrer dan simbolis.
e.       Bahasa Arab berpotensi untuk berkembang, produktif dan kreatif.
f.       Bahasa Arab merupakan fenomena individu dan fenomena sosial.

2.      Karakteristik Unik
a.       Aspek Bunyi
Vokal panjang dianggap sebagai fonem, bunyi tenggorokan (أصوات الحلق), bunyi tebal  (أصوات مطبقة), Tekanan bunyi dalam kata (النبر ), bunyi bilabial dental  (شفوى أسنـانى ).
b.      Aspek Kosakata
Pola pembentukan kata bahasa arab sangat fleksibel, baik melalui derivasi (تصريف استـقاقى )maupun dengan cara infleksi (تصريف إعرابـى ).
c.       Aspek Kalimat
Meliputi i`rab, jumlah fi`liyah dan jumlah ismiyah, dan muthabaqah(kesesuaian).
d.      Aspek Huruf
Setiap huruf hanya melambangkan satu bunyi, memiliki ragam penempatan kata dan penulisannya dari kanan ke kiri.

Komentar