Khutbah Jumat - Empat Hal untuk Menggapai Kesempurnaan Puasa

Khutbah I Kesempurnaan Puasa شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْققَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ Hadirin rahimakumullah Puasa adalah salah satu upaya kita untuk menggapai ketakwaan. Setelah segala upaya kita dalam menjalankan puasa, mulai dari bangun sahur, menahan lapar dan dahaga, menahan nafsu, serta mengisi puasa ini dengan berbagai kerja-kerja kebaikan, kita sangat berharap bahwa puasa kita bisa berjalan dengan sempurna. Sempurna dalam waktunya: waktu imsaknya, waktu iftarnya, hari mulainya, juga hari lebarannya. Pun sempurna dalam pelaksanaannya.  Dalam kesempatan yang baik ini, khatib ingin bicara tentang kesempurnaan puasa dari segi pelaksanaanya. Ba

Selesaikan Masalah Dengan Start Up Islami

Start Up Berbasis Islam



Panelis ketiga diisi oleh dua orang pemateri, yaitu Evilita Andriani, pendiri Ojek Syariah Indonesia (Ojesy), dan Andreas Sanjaya, pendiri iGrow Indonesia.

Pada dasarnya, start up merupakan bentuk bisnis rintisan yang baru dimulai, lebih terkesan inovatif dan menghadirkan solusi bagi berbagai permasalahan tertentu yang ada di masyarakat. Sebagai contoh, Ojesy hadir dan dapat diterima masyarakat atas dasar pemenuhan kebutuhan transportasi yang pekerja dan pelanggannya khusus perempuan. Jasa transportasi daring ini hadir di Sembilan kota di Indonesia, berangkat dari kekhawatiran sebagian besar perempuan jika naik ojek yang supirnya lawan jenis. 

Pada sesi pertama, Evilita memaparkan profil singkat perusahaan yang dimilikinya, mulai dari sejarah, kiprah, sampai prestasi di tingkat nasional dan internasional. Ia juga memberikan berbagai tips untuk para pemula yang hendak membangun sebuah start up. 

Beberapa tips yang disampaikannya antara lain, pentingnya membagi jenis layanan pelanggan dalam bentuk regular dan langganan (subscription). Dengan penawaran harga yang menarik, menurutnya strategi ini akan lebih mengikat pelanggan. 

Selain strategi tersebut, ia juga menekankan pentingnya memiliki bagian layanan pelanggan yang cakap dan cekat, membangun bagian pengembangan program (Program Development), melakukan pendekatan khusus terhadap pelanggan tertentu (Special Treatment), dan harus siap terjun untuk berkompetisi dengan layanan/produk bisnis lain yang serupa.

Selain itu, Evilita juga menyampaikan perlunya perusahaan untuk memiliki beberapa hal untuk menunjang kemajuan sebuah perusahaan pemula. Antara lain memiliki tujuan, visi, misi, dan target perusahaan dengan jelas (milestone), memiliki legalitas, memiliki media social untuk menggerakan pasar, dan tak kalah penting harus memiliki tim advisor yang telah berpengalaman di setiap bidang kebutuhan.

Di sesi kedua, Andreas Sanjaya mempresentasikan pentingnya berkarya melalui teknologi. Berbekal pengalamannya selama bertahun-tahun di bidang teknologi, Andreas meyakinkan para peserta simposium akan pentingnya menjadikan teknologi sebagai alat dan media perubahan, sekaligus menjadi media untuk berdakwah. 

Beberapa perusahaan rintisan pernah ia bangun meskipun pasang surut. Temanbisnis, Badr Interactive, iGrow Indonesia, iStore, adalah beberapa platform digital yang ia dirikan di bidang yang berbeda-beda. Badr Interactive, misalnya, merupakan sebuah platform pembelajaran membaca Alquran pertama asal Indonesia yang hadir di Playstore. Besarnya antusian pengguna aplikasi tersebut, telah mengantarkan Andreas pada berbagai prestasi multilevel. Aplikasi itu pun telah digunakan oleh jutaan pengguna dari seluruh dunia. Hal tersebut yang membuat ia yakin bahwa teknologi akan menjadi manfaat yang sangat besar jika diisi dengan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi banyak orang.

Selain itu, Andreas juga mengembangkan iGrow Indonesia, sebuah platform yang mempertemukan investor dan petani, dengan tujuan memanfaatkan banyaknya lahan kosong yang ada di Indonesia. Usaha ini terbukti sangat membantu para petani dan dunia pertanian Indonesia.

Dalam pemaparannya, Andreas menyampaikan beberapa tips bagi para starter up pemula, yang salah satunya adalah perlunya memilki kemampuan untuk mengakses modal dan mengakses pasar. Selain itu, ia juga menyampaikan pentingnya mengatur napas dalam mengelola sumber daya. Perusahaan yang baru pertama kali dibangun tidak seharusnya menghabiskan seluruh sumber daya di awal, melakukan pelengkapan semaksimal mungkin di awal, karena beresiko tidak akan menemukan momentumnya.

Islamabad, 3 Maret 2018

Komentar