Khutbah Jumat - Empat Hal untuk Menggapai Kesempurnaan Puasa

Khutbah I Kesempurnaan Puasa شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْققَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ Hadirin rahimakumullah Puasa adalah salah satu upaya kita untuk menggapai ketakwaan. Setelah segala upaya kita dalam menjalankan puasa, mulai dari bangun sahur, menahan lapar dan dahaga, menahan nafsu, serta mengisi puasa ini dengan berbagai kerja-kerja kebaikan, kita sangat berharap bahwa puasa kita bisa berjalan dengan sempurna. Sempurna dalam waktunya: waktu imsaknya, waktu iftarnya, hari mulainya, juga hari lebarannya. Pun sempurna dalam pelaksanaannya.  Dalam kesempatan yang baik ini, khatib ingin bicara tentang kesempurnaan puasa dari segi pelaksanaanya. Ba

Review Film Into the Night


Into the Night menjadi film seri pertama dari Belgia yang ikut terjun ke kolam Netflix dengan membawa satu genre paling diminati oleh pengguna platform tersebut: serial bencana. Serial tersebut dibuat oleh Jason George dan disutradarai Inti Calfat dan Dirk Verheye. Tayangan enam episode ini dimulai dengan suasana bandara Brussel International Airport malam hari yang cukup ramai oleh penumpang. Tiba-tiba seorang lelaki berseragam NATO bersenjata masuk ke dalam pesawat tujuan Moscow dan meminta pilot untuk segera menerbangkankan pesawatnya. Tak ada satu pun penumpang yang tahu apa yang sebenarnya terjadi, sebab premis sementara yang dihadirkan hanyalah berita bahwa sinar matahari dapat membunuh manusia. Pilihan mereka satu-satunya hayalah menjadi burung hantu malam, terus menjauh dari posisi matahari terbit. 

Talezio, seorang militer NATO tersebut, beranggapan bahwa membajak penerbangan adalah satu-satunya cara paling masuk akal untuk menyelamatkan hidupnya dari malapetaka matahari tersebut. Di bawah todongan senjatanya, sang pilot Mathieu yang sudah siap duduk di balik kemudi cockpit, degan terpaksa memutuskan untuk terbang bersama beberapa penumpang, dan meninggalkan penumpang lainnya beserta para kru kabin yang masih ada di darat.
 
Dari keseluruhan episode yang masing-masing berdurasi 30-40 menitan itu, kita disuguhi tak hanya plot cerita dan ketegangan dari bencana yang ada, tapi juga kehidupan pribadi para penumpang pesawat tersebut. Gambaran-gambaran ini menjadi alasan menarik ketika setiap karakter yang ada beradu argumen satu sama lain dalam memecahkan setiap masalah yang ada. Mulai dari ketidakhadiran co-pilot yang tertinggal di bandara, keterbatasan makanan dan bahan bakar, sampai ketidakpastian destinasi. 

Bukan hal yang mudah untuk mempertahankan ritme dan ketegangan, sekaligus punya tanggung jawab untuk memberi perhatian pada karakter setiap pemainnya. Serial ini tidak banyak menghadirkan kisah masa lalu setiap pemain, tidak pula banyak menyoroti soal bencana kosmik misterius yang se dang terjadi, tapi justru koneksi dan komunikasi antar penumpang lah yang sesungguhnya menjadi bagian menarik dari keseluruhan kisah. Kita memang dizinkan untuk menebak bagaimana akhir dari rangkaian bencana ini, seolah-olah memang akan ada harapan di ujung malam nanti, tapi prediksi penonton tersebut menjadi tidak begitu penting ketika tayangan proses menuju akhir itu jauh lebih menarik. Lebih-lebih Jason juga menaruh bumbu twist ending untuk setiap episode di serial ini, sehingga kita dibuat penasaran untuk segera menonton alur apa lagi yang akan terjadi setelahnya. 

Serial ini diadopsi dari sebuah novel karya Jacek Dukaj, seorang novelis berkebangsaan Polandia. Bisa dibilang, keenam episode tersebut berhasil mempertegas karakter beberapa pemainnya, namun beberapa pemain lainnya belum diceritakan. Penonton baru tahu dengan betul karakter Sylvie seorang gadis muda yang ingin bunuh diri, Mathieu sang pilot, Terenzio si tentara NATO, Ayaz si ketua gengster, Laura si perawat, Richard seorang pria yang tertipu kencang online, Jakub sang ayah baru, dan Zara seorang ibu yang baru menjual ginjalnya demi operasi anaknya, Dominik. Selebihnya masih ada beberapa aktor yang belum dikenal betul bagaimana karakternya, dan mungkin itulah yang akan menjadi alasan kenapa kita harus menantikan musim kedua dari serial ini. 


Komentar