Khutbah Jumat - Empat Hal untuk Menggapai Kesempurnaan Puasa

Khutbah I Kesempurnaan Puasa شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْققَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ Hadirin rahimakumullah Puasa adalah salah satu upaya kita untuk menggapai ketakwaan. Setelah segala upaya kita dalam menjalankan puasa, mulai dari bangun sahur, menahan lapar dan dahaga, menahan nafsu, serta mengisi puasa ini dengan berbagai kerja-kerja kebaikan, kita sangat berharap bahwa puasa kita bisa berjalan dengan sempurna. Sempurna dalam waktunya: waktu imsaknya, waktu iftarnya, hari mulainya, juga hari lebarannya. Pun sempurna dalam pelaksanaannya.  Dalam kesempatan yang baik ini, khatib ingin bicara tentang kesempurnaan puasa dari segi pelaksanaanya. Ba

Cara menjadi lawan bicara yang asik


Bang Saiful menceritakan kenangan pahit ketika ayahnya meninggal dunia, tiga hari setelah ia ditugaskan kerja ke Papua. Ia baru mulai berbenah memulai hidup di tanah timur itu, tapi ia harus kembali pulang ke Bekasi untuk menemui almarhum ayahnya, meski sudah dalam bentuk pusara. Tahlilan belum usai, rumah masih ramai dikunjungi tetangga dan keluarga, tiga hari kemudian ia memutuskan untuk kembali ke Papua. Kali ini, ia tidak menggunakan pesawat udara, tapi kapal laut. "Sengaja biar lama di jalan, melepas duka," katanya meringkas alasan. Perjalanan satu minggu di atas laut itulah yang rupanya banyak mengubah banyak hal dalam hidupnya. Ia temui sebanyak mungkin orang di kapal, kumpulkan sebanyak mungkin cerita, dan di sela-sela itu semua, ia punya banyak waktu untuk bicara dengan dirinya sendiri soal duka yang baru saja ia hadapi, juga soal arah hidup yang menurutnya harus dipikirkan ulang. 

Cerita itu saya dengar begitu saja, tak lama setelah saya cerita bahwa bapak saya sakit dan alasan saya pulang. Akhirnya cerita kami semakin panjang, saling mencari kesamaan dari dua cerita yang berbeda, yang pada akhirnya kita jadi punya cerita sendiri tentang saya dan Bang Saiful yang bertukar cerita.

Cerita Bang Saiful adalah satu dari sekian banyak cerita yang saya simpan sepotong-sepotong, tak pernah ada yang utuh, tapi potongan-potongan itu ketika digabung dengan cerita yang lain justru menjadi mosaik yang unik dan berwarna. Satu hal yang pasti sejauh ini, bahwa keterbukaan seseorang membagi pengalaman hidupnya, takkan mungkin terjadi jika kita pun tak membuka diri untuk membagikan pengalaman hidup sendiri. 

Saya tidak ahli soal bagaimana cara menjalin komunikasi agar bisa mendapatkan cerita orang lain dengan mudah. Tapi begini. Ada sebuah kutipan jurnal psikologi yang mengatakan adanya hormon Mirror Neuron dalam otak kita. Hormon ini bertanggung jawab dalam menciptakan rasa empati. Kita otomatis tersenyum ketika ada orang lain tersenyum, atau tiba-tiba ingin nangis ketika melihat orang nangis. Mirror Neuron juga menjadi pendorong kenapa kita ingin melakukan hal yang sama atas tindakan yang orang lain lakukan untuk kita. Kita ingin traktir makan seorang teman karena teman itu pernah mentraktir kita makan sebelumnya. Fenomena saling berbalas respon ini terjadi secara alami, bahkan bisa menjadi kebiasaan jika lingkungan sosial kita mendukung pola tertentu dalam tindakan/sikap/perilaku tertentu. 

Menariknya, kita bisa mengendalikan Mirror Neuron ini sebagai satu pola yang bisa kita lakukan agar kita jadi orang yang asik diajak ngobrol di mata orang lain. Nama teorinya "Yes, and." Kalau kita sedang mendengarkan cerita orang lain, kita cukup mengiyakan dan menambahkan cerita serupa yang kita miliki. Contoh sederhana, teman kita bilang "nasi goreng di warung itu enak ya." Biar asik, jangan jawab dengan kalimat "oh.", coba pake pola "yes-and". "Iya emang enak banget, dan mie gorengnya juga gak kaleng-kaleng." Dengan begitu obrolan jadi menarik, bisa lebih panjang, dan kita pun akan meninggalkan impresi yang berbeda setelahnya.

Dulu saya memulai belajar nulis dari puisi lalu cerpen. Lucunya sekarang saya udah gak tau menau gimana caranya nulis cerpen, apalagi puisi. Gara-gara mendengar cerita Bang Saiful, saya jadi kepikiran buat belajar lagi nulis cerpen. Ada akhwat yang mau belajar barengan? *loh

24 Desember 2020 

Komentar