Khutbah Jumat - Empat Hal untuk Menggapai Kesempurnaan Puasa

Khutbah I Kesempurnaan Puasa شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْققَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ Hadirin rahimakumullah Puasa adalah salah satu upaya kita untuk menggapai ketakwaan. Setelah segala upaya kita dalam menjalankan puasa, mulai dari bangun sahur, menahan lapar dan dahaga, menahan nafsu, serta mengisi puasa ini dengan berbagai kerja-kerja kebaikan, kita sangat berharap bahwa puasa kita bisa berjalan dengan sempurna. Sempurna dalam waktunya: waktu imsaknya, waktu iftarnya, hari mulainya, juga hari lebarannya. Pun sempurna dalam pelaksanaannya.  Dalam kesempatan yang baik ini, khatib ingin bicara tentang kesempurnaan puasa dari segi pelaksanaanya. Ba

Refleksi Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik


Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi refleksi pengalaman dan wawasan yang dipelajari dan didapatkan dari Modul 2.3 tentang Coaching. Tulisan ini saya buat sebagai dokumentasi dari pengalaman, gagasan, dan perasaan saya selama mempelajari modul ini. Harapannya bisa menjadi manfaat bagi siapapun yang membacanya, baik untuk diri saya sendiri, maupun untuk orang lain.

Facts (Peristiwa)

Terdapat beberapa aktivitas pembelajaran dalam Modul 2.3, antara lain dimulai dengan menjawab serangkaian pertanyaan pemantik untuk merefleksikan diri bagaimana supervisi di sekolah tempat saya bekerja diterapkan. Di bagian Eksplorasi Konsep, kita belajar tentang perbedaan coaching, mentoring, konseling, fasilitasi, dan training. Secara lebih dalam kita belajar apa itu coaching secara umum dan bagaimana konsep ini diimplementasikan dalam dunia pendidikan. Di samping itu, kita juga belajar untuk membedakan antara konsep coaching, kolaborasi, konsultasi, dan evaluasi dalam rangka memberdayakan rekan sesama guru. Materi ini terkesan menarik karena turut disajikan dalam media video yang dapat mempermudah pemahaman CGP dalam memahami materi yang sedang didiskusikan. 

Kompetensi inti dari Coaching dapat secara mudah dipahami melalui istilah TIRTA. TIRTA merupakan singkatan untuk Tujuan, Identifikasi, Rencana Aksi, dan Tanggung Jawab. Selain lebih mudah dihafal, singkatan ini juga secara independen memiliki makna yang bagus: tirta, air. Harapannya agar konsep ini bisa mengalir seperti air. Komunikasi yang mengalir lancar sampai hilir yang diharapkan. 

Coaching pada hakikatnya bermakna kehadiran penuh akan apa yang disampaikan oleh coachee, menjadi pendengar yang baik, dan aktif berpartisipasi dengan memberi tanggapan atau pertanyaan. 

Modul 2.3 juga membahas tentang membuat rencana aksi, melakukan refleksi, memecahkan masalah, dan melakukan kalibrasi.

Feelings (Perasaan)

Saya merasa sangat antusias untuk mengikuti kegiatan CGP secara umum, dan mempelajari modul demi modul secara khusus. Terlebih dalam modul ini yang membahas tentang coaching, membuat saya semakin penasaran tentang bagaimana cara menjadi coach yang baik di dalam proses pembelajaran bersama siswa. 

Findings (Pembelajaran)

Modul 2.3 punya muatan bertenaga yang membawa banyak informasi, pengetahuan, dan pengalaman belajar bagaimana menjadi coach yang baik, dan bagaimana supervisi akademik dapat membantu secara langsung dan tidak langsung dalam pengembangan diri sendiri dan rekan sejawat.

Future (Penerapan)

Coaching dinilai sangat dibutuhkan untuk mengatasi berbagai dinamika yang terjadi di lingkungan sekolah. Misalnya dalam penanganan anak yang malas belajar, atau potensi diri siswa yang terlambat berkembang, coaching sangat diperlukan oleh semua guru. Dengan mempelajari coaching dengan baik, diharapkan semua guru dapat menjadi coach yang baik bagi para muridnya.


Komentar