Khutbah Jumat - Empat Hal untuk Menggapai Kesempurnaan Puasa

Khutbah I Kesempurnaan Puasa شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْققَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ Hadirin rahimakumullah Puasa adalah salah satu upaya kita untuk menggapai ketakwaan. Setelah segala upaya kita dalam menjalankan puasa, mulai dari bangun sahur, menahan lapar dan dahaga, menahan nafsu, serta mengisi puasa ini dengan berbagai kerja-kerja kebaikan, kita sangat berharap bahwa puasa kita bisa berjalan dengan sempurna. Sempurna dalam waktunya: waktu imsaknya, waktu iftarnya, hari mulainya, juga hari lebarannya. Pun sempurna dalam pelaksanaannya.  Dalam kesempatan yang baik ini, khatib ingin bicara tentang kesempurnaan puasa dari segi pelaksanaanya. Ba

Happy Salma Sukses Sajikan Monolog Melodrama di Amerika


Setelah sukses berkali-kali 'menayangkan' Monolog Inggit Garnasih dalam hampir satu dekade terakhir, aktris kenamaan Happy Salma kini tampil perdana dengan monolog baru yang mengangkat sosok Ibu Kartini dalam lakonnya. Mengambil inspirasi dari novel biografi "Panggil Aku Kartini Saja" karya Pramoedya Ananta Toer, monolog ini dengan sukses dipentaskan di aula kediaman Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Wisma Indonesia, Washington D.C., Jumat (28/04/2023). Pementasan ini dilakukan sebagai bagian dari peringatan Hari Kartini yang tahun ini bertepatan dengan Hari Raya Idulfitri pada tanggal 21 lalu. Monolog ini menawarkan satu sudut pandang baru dari sosok Kartini sebagai seorang perempuan bercita-cita besar yang harus berjuang memerdekakan pikirannya.

Di bagian pembuka, 'Kartini' mengibaratkan dirinya sebagai seekor burung yang punya kemampuan untuk terbang bebas. Namun sayangnya, kemampuan itu tidak bisa ia lakukan karena harus hidup dalam kurungan kandang adat dan norma sosial saat itu. Ia menceritakan keinginannya untuk bisa bersekolah ke Eropa, sehingga nanti bisa kembali ke kampung halaman dan mencerdaskan perempuan-perempuan pribumi. Tapi karena tuntutan adat dan kondisi masyarakat saat itu yang belum sepenuhnya sadar akan pentingnya meningkatkan kualitas pendidikan bagi perempuan, cita-cita besar Kartini untuk bisa bersekolah hanya sebatas angan-angan belaka. Bahkan ketika Pemerintah Belanda pertama kalinya memberikan beasiswa sekolah di Belanda untuk warga pribumi, dan Kartini serta adiknya menjadi dua orang pertama yang menerima beasiswa itu, keduanya tidak bisa mengambil beasiswa itu karena statusnya sebagai perempuan. "Memangnya kenapa kalau aku seorang perempuan?" ujar tokoh Kartini memancing emosi para penonton. 


Salah satu bagian yang membuat monolog ini menarik adalah ada beberapa sisipan surat-surat yang memang secara asli pernah ditulis oleh Kartini untuk kawannya dan orang-orang penting di Pemerintah Belanda. Monolog ini jadi terasa seperti garis waktu perjalanan emosional Kartini dari satu surat ke surat lainnya, tentang pergulatan batinnya ketika menghadapi berbagai hambatan yang mengekang kemerdekaannya sebagai perempuan saat itu.

Monolog ini tidak hanya mengingatkan penonton tentang Kartini tentang pelopor emansipasi wanita di Indonesia, tapi juga sebagai gadis muda yang mempunyai pemikiran dan ide gagasan yang sangat hebat untuk memajukan kehidupan rakyatnya. Kartini hidup dalam masa yang sulit di mana penjajahan terjadi di Indonesia. Selain itu, budaya Jawa juga tidak lepas dari kehidupan Kartini yang membuat kaum wanita tidak dapat melakukan banyak aktivitas di luar rumah. Monolog ini merupakan sajian kultural yang sangat baik untuk mengetahui sisi personal Kartini secara mendalam.


Kepiwaianan Happy Salma dalam melakonkan naskahnya patut diacungi jempol. Ekspresi, mimik, bahasa tubuh, kolokasi, bahkan setiap jeda yang dilakukan berhasil membuat penonton hanyut dalam suasana yang digambarkan. Penonton bisa merasakan bagaimana besarnya hasrat Kartini untuk 'melahap' buku-buku di perpustakaan Leiden, bagaimana kepercayaan diri Kartini jika suatu hari menghadapi musim dingin Eropa, bagaimana kekecewaan dan kemarahan Kartini ketika gagal mendapatkan beasiswa, juga kebesaran hati Kartini ketika beasiswa itu ia serahkan untuk Agus Salim, dan memutuskan diri untuk tetap tinggal di Jawa dan membangun sekolah perempuan.


Monolog melodrama ini terlaksana atas inisiatif Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Washington DC., bekerja sama dengan Asean Women's Circle Washingon DC. Acara ini berlangsung dari pukul 11 sampai pukul 13.30 siang, dihadiri oleh istri dari 30 duta besar Asean dan negara sahabat, diaspora Indonesia, dan masyarakat umum.

Happy Salma dikenal sebagai aktris yang cukup konsisten membawakan lakon teater bertema isu seputar perempuan. Dimulai dari debut pertamanya pada monolog 'Nyai Ontosoroh' di tahun 2007, kemudian 'Ronggeng Duhuh Paruk' (2009), 'Roro Mendut', dan 'Inggit Garnasih' (2011) yang sampai 2019 lalu masih ditayangkan dalam format teater musikal.

Komentar