Khutbah Jumat - Empat Hal untuk Menggapai Kesempurnaan Puasa

Khutbah I Kesempurnaan Puasa شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْققَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ Hadirin rahimakumullah Puasa adalah salah satu upaya kita untuk menggapai ketakwaan. Setelah segala upaya kita dalam menjalankan puasa, mulai dari bangun sahur, menahan lapar dan dahaga, menahan nafsu, serta mengisi puasa ini dengan berbagai kerja-kerja kebaikan, kita sangat berharap bahwa puasa kita bisa berjalan dengan sempurna. Sempurna dalam waktunya: waktu imsaknya, waktu iftarnya, hari mulainya, juga hari lebarannya. Pun sempurna dalam pelaksanaannya.  Dalam kesempatan yang baik ini, khatib ingin bicara tentang kesempurnaan puasa dari segi pelaksanaanya. Ba

Cara Mudah Mengurus Visa A2 Amerika

Jika kamu sedang mencari tahu langkah-langkah mengurus visa A2 ke Amerika, semoga tulisan ini bisa membantumu.

Beberapa waktu lalu, saya mengurus visa A2 Amerika Serikat. Visa ini dibutuhkan bagi Warga Negara Indonesia yang akan berkunjung ke Amerika Serikat untuk tujuan perjalanan dinas/pemerintahan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengisi Form DS-160 di laman https://ceac.state.gov/genniv/. 


Di halaman tersebut, silakan pilih "Start An Application" lalu isi semua pertanyaan yang diminta. Form ini berisi pertanyaan-pertanyaan standar yang biasa ada di aplikasi visa, seperti informasi pribadi, alamat rumah, latar belakang pendidikan, pekerjaan, informasi keluarga, riwayat perjalanan luar negeri lima tahun terakhir, dan lain-lain. 

Setelah mengisi semua pertanyaan, kita akan mendapatkan kode registrasi. Pastikan untuk menyimpan/memfoto kode tersebut supaya tidak lupa. Durasi pengisian berkisar antara 15-30 menit. Pastikan koneksi internet stabil. 

Form ini bisa diisi secara angsur, artinya tidak perlu dilakukan sekali waktu. Kita bisa kembali mengisi Form di halaman ini dengan klik opsi "Retrieve An Application" lalu nanti masukkan kode registrasi.

Setelah mengisi Form DS-160, kita akan mendapatkan halaman konfirmasi yang harus disimpan dan dicetak. Setelah itu, kamu harus datang langsung ke Konsuler Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk menyerahkan berkas-berkas yang dibutuhkan, antara lain:

  1. Paspor
  2. Nota diplomatik yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri (Exit Permit)
  3. Surat rekomendasi visa dari lembaga tempat kita bekerja
  4. Halaman konfirmasi DS-160
  5. Foto ukuran 5x5 cm dengan latar belakang warna putih, tanpa kaca mata, diambil dalam kurun enam bulan terakhir
  6. Surat undangan/keterangan/surat kerja/sponsor yang mendukung perjalanan ke AS
Tidak seperti visa turis, pengajuan visa A2 bisa dilakukan setiap hari kerja tanpa perlu melakukan janji temu (appointment) terlebih dahulu. Visa A2 bisa diajukan setiap hari kerja pada pukul 10.00-11.00 saja. Begitupun dengan pengambilan visa hanya bisa dilakukan di jam tersebut. 

Jangan lupa berpakaian rapi dan tidak membawa laptop ke area kedutaan. Ini aturan Kedubes AS yang ketat dan harus ditaati.

Setelah berkas-berkas siap, kamu tinggal pergi ke Kedutaan. Untuk jenis visa ini tidak ada wawancara, kecuali memang jika dibutuhkan. Yang kita lakukan di Kedutaan hanya mengisi selembar form pengajuan (minta ke petugas loket), dan menyerahkan berkas persyaratan. Proses ini bisa dilakukan sendiri, bisa juga diwakilkan oleh lembaga tempat kita bekerja. Karena ada beberapa lembaga melakukan penyerahan berkas dan pengambilan visa secara kolektif, jika yang akan melakukan perjalanan dinasnya berjumlah banyak.

Setelah penyerahan berkas, kita akan mendapatkan kode konfirmasi dan informasi kapan harus datang lagi ke kedutaan untuk mengambil visa. Umumnya visa ini keluar setelah dua hari kerja. Pengalaman saya pribadi, visa saya keluar setelah lima hari kerja, sementara teman saya yang sama-sama mengajukan bersamaan, visanya selesai dalam dua hari saja.

Pengajuan visa ke Amerika Serikat bisa dilakukan meski kita belum membeli tiket pesawat. Jika pun belum ada tiket, kita cukup informasikan di Form DS-160 kapan kira-kira akan melakukan keberangkatan. Jika sudah mendapatkan visa, saatnya menentukan tanggal keberangkatan.

Salah satu keistimewaan dari pemegang visa A2 ini adalah saat kita mendarat di bandara AS, kita bisa menggunakan jalur khusus diplomatik di area imigrasi kedatangan/keberangkatan. Hal ini akan membuat proses imigrasi lebih cepat, mengingat antrian imigrasi di bandara AS sangat amat panjang.

Itulah langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam proses mendapatkan visa A2 Amerika Serikat. Semoga membantu. 

 


Komentar