Khutbah Jumat - Empat Hal untuk Menggapai Kesempurnaan Puasa

Khutbah I Kesempurnaan Puasa شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْققَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ Hadirin rahimakumullah Puasa adalah salah satu upaya kita untuk menggapai ketakwaan. Setelah segala upaya kita dalam menjalankan puasa, mulai dari bangun sahur, menahan lapar dan dahaga, menahan nafsu, serta mengisi puasa ini dengan berbagai kerja-kerja kebaikan, kita sangat berharap bahwa puasa kita bisa berjalan dengan sempurna. Sempurna dalam waktunya: waktu imsaknya, waktu iftarnya, hari mulainya, juga hari lebarannya. Pun sempurna dalam pelaksanaannya.  Dalam kesempatan yang baik ini, khatib ingin bicara tentang kesempurnaan puasa dari segi pelaksanaanya. Ba

Telusuri Musim Semi di Rock Creek Trail


Seorang penerjemah Arab suatu waktu pernah menerjemahkan puisi "Sonnet" karya William Shakespeare yang berkisah tentang summer (musim panas), namun dengan gaya yang menjadi bahasan para linguist. Dalam terjemahannya, ia menerjemahkan kata summer menjadi kata robii', yang dalam bahasa Arab berarti musim semi. Pengalih-terjemahan ini semata-mata bertujuan untuk menghadirkan gaya terjemahan yang lebih bernilai puitis di mata dan telinga pembaca Arab. Hal ini juga didasarkan pada kondisi musim panas di negerinya Shakespeare punya udara dan suasana yang sepadan dengan musim semi di Arab.

Gagasan itu muncul tiba-tiba ketika saya menyusuri Rock Creek Trail di sepanjang Twinbrook ke Needwood Lake, Rockville. Menyusuri jalur kecil beraspal, saya banyak "bicara sendiri" soal betapa menyenangkannya musim semi di negeri ini, sekaligus mengingat-ingat hal-hal menyenangkan ketika mengalami musim semi di Arab.

Tulisan ini tidak akan bicara soal sastra Arab dan puisi Shakespeare. Intro di atas hanya sebatas prolog tentang apa yang pertama kali terpikirkan ketika saya, untuk pertama kalinya, masuk ke hutan Rock Creek yang ternyata punya banyak kejutan di dalamnya.

Jika kita ambil foto suasana hutan itu, lalu mempostingnya di media sosial, banyak orang yang akan salah kira bahwa foto-foto itu diambil di Amerika. "Amerika ada hutan juga, ya?", "Gak beda jauh sama di Indo!", dan komentar-komentar senada lainnya banyak bermuculan di japrian. Rock Creek sebagaimana hutan dan belantara di Indonesia, punya banyak pemandangan hijau yang serupa dengan Indonesia, utamanya di saat musim semi seperti sekarang ini. Bahkan menariknya, ada banyak sekali hewan yang berkeliaran bebas di hutan ini, meskipun notabene hutan ini masih berada di lingkaran kota besar Washington D.C., Sang Ibukota Negara.


Dalam rute 16,5 km yang saya tempuh hari Minggu kemarin, saya bertemu tiga ekor rusa, satu ekor unggas yang tak tahu namanya (berkaki kurus tinggi, berparuh seperti bangau, warna putih berarsir merah/pink, lalu ia terbang ketika saya hampiri. Mungkin flamingo, mungkin juga bukan), serombongan bebek, rupa-rupa burung, dan puluhan tupai yang berloncatan di sana-sini. Bahkan di beberapa minggu terakhir, muncul berita di media lokal tentang adanya seekor beruang yang ditangkap aparat karena dikhawatirkan berpotensi menyakiti warga. Kehadiran beruang dan hewan-hewan ini menunjukkan betapa nyamannya hutan Rock Creek sebagai habitat mereka, dan betapa menariknya negara ini punya area yang hijau padahal hanya berjarak sekian kilometer dari keramaian pusat kota.

Saya membayangkan, mugkin Ibu Kota Nusantara di Kalimantan sana akan punya perwujudan seperti ini juga nantinya. Sebuah kota modern yang dikelilingi area hijau yang luas. Bahkan saya punya ekspektasi IKN akan jauh lebih bagus dari Washington dan Rock Creek. Sebab jika melihat eksistensi Rock Creek dan Washington sebagai kota, saya masih terkagum-kagum, betapa tertata dan terencananya kota ini. Punya space yang luas, lumayan tertib dan tertata, dan khususnya di musim semi ini, kota ini indah sekali. Ada banyak bunga bermekaran, berwarna-warni di banyak sudut.

Sejauh yang saya tahu saat ini, Rock Creek adalah hutan kota (bahkan disebut sebagai Taman Nasional) yang membentang lintas negara bagian, dari Maryland sampai Washington D.C. Hutan ini merupakan paru-paru kota yang membuat ibu kota negara ini tetap terasa segar, minim polusi, kaya oksigen, dan punya ruang kolektif yang bisa dimanfaatkan publik untuk ngadem secara gratis.


Nampaknya, Rock Creek akan menjadi area healing saya di Amerika ini. Jika saya sedang ingin berlari, jalan kaki, bersepeda, atau mulai ikut-ikut tutorial yoga dan meditasi, Rock Creek akan menjadi opsi yang, sebagaimana orang-orang telah lakukan, akan saya kunjungi.

Semoga suatu hari Purwakarta dan area seputar Jakarta bisa punya Rock Creek versinya sendiri.

Senin, 15 Mei 2023.

Komentar