Khutbah Jumat - Empat Hal untuk Menggapai Kesempurnaan Puasa

Khutbah I Kesempurnaan Puasa شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْققَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ Hadirin rahimakumullah Puasa adalah salah satu upaya kita untuk menggapai ketakwaan. Setelah segala upaya kita dalam menjalankan puasa, mulai dari bangun sahur, menahan lapar dan dahaga, menahan nafsu, serta mengisi puasa ini dengan berbagai kerja-kerja kebaikan, kita sangat berharap bahwa puasa kita bisa berjalan dengan sempurna. Sempurna dalam waktunya: waktu imsaknya, waktu iftarnya, hari mulainya, juga hari lebarannya. Pun sempurna dalam pelaksanaannya.  Dalam kesempatan yang baik ini, khatib ingin bicara tentang kesempurnaan puasa dari segi pelaksanaanya. Ba

Course Note: Membangun Hubungan dengan Pemerintahan


Di banyak negara dan daerah, aktivitas politik sudah banyak dikendalikan oleh social media dan web. Internet sudah menjadi tempat bermain untuk melakukan hubungan masyarakat dalam politik. Tak heran jika banyak politikus yang membuat berbagai gebrakan di internet, mulai dari kegiatan sampai pemberitaan, sebab perhatian media banyak terfokus di dalam internet. 
Pertumbuhan pekerjaan Humas baik dengan atau di dalam pemerintahan mengalami ledakan yang cukup besar dalam beberapa tahun terakhir. Ada ribuan pekerjaan Humas dapat ditemukan di tingkat federal, negara, provinsi, bahkan pemerintah daerah. Meskipun nyatanya sampai saat ini, tidak ada strukturdan tanggung jawab khusus yang mempekerjakan seorang pekerja pemerintah untuk melakukan pekerjaan Humas, tapi biasanya pekerjaan Humas dapat ditemukan di meja kebijakan publik, petugas informasi, sekretaris media, atau spesialis komunikasi. 

Tanggung Jawab Staf Humas di Pemerintahan
  • Menyiapkan siaran/liputan media.
  • Mengelola konten laman web Perdana Menteri/Presiden/Kepala Pemerintahan.
  • Menjalankan pusat media asing.
  • Mengelola diplomasi publik yang berada di luar negeri.

Presiden dan Hubungan Masyarakat
Presiden/pemimpin negara punya kendali untuk menggunakan pengaruh hubungan masyarakat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Staf Humas dalam pekerjaannya membantu Presiden menyiapkan konferensi pers bersama media, baik berupa pengumuman, pernyataan, maupun briefing berita harian. Menurut beban kerjanya, banyak yang menamai pekerjaan Humas Presiden sebagai posisi tersulit kedua setelah administrasi. Sekretaris press adalah penanggung jawab dan juru bicara hubungan masyarakat untuk berbagai kegiatan administrasi. 

Komentar