Ada cerita apa dua minggu di Pare?

Suatu pagi, anak-anak di penginapan tidak bisa mandi karena air tidak mengalir. Kebetulan saya adalah satu-satunya yang sudah mandi pagi itu. Kira-kira ada tiga puluh orang penghuni penginapan itu yang hari itu berangkat ke kelas tanpa mandi pagi. Usut punya usut, ternyata air mati bukan karena ada pemutusan aliran oleh pemerintah, tapi karena colokan jetpump-nya saya cabut dan saya ganti untuk nyolok dispenser. Saya gak tahu kalau colokan itu adalah colokan jetpump air satu penginapan. Bagian terparahnya adalah ada salah satu anak yang lagi buang air dan tiba-tiba airnya mati sebelum WC-nya di-flush. Anak-anak heboh sampai Pak Tara, rekan saya, harus ngakutin air pake ember dari kolam renang. Itulah salah satu dosa saya ketika jadi pembimbing anak-anak selama di Pare beberapa waktu lalu.    Pada 20 Mei lalu, saya membersamai anak-anak SMP tempat saya mengajar dalam sebuah program intensif bahasa Inggris di Pare, Kediri, selama dua pekan. Dua minggu tersebut punya banyak cerita dan &qu

Hubungan dengan Pemerintahan


Di banyak negara dan daerah, aktivitas politik sudah banyak dikendalikan oleh social media dan web. Internet sudah menjadi tempat bermain untuk melakukan hubungan masyarakat dalam politik. Tak heran jika banyak politikus yang membuat berbagai gebrakan di internet, mulai dari kegiatan sampai pemberitaan, sebab perhatian media banyak terfokus di dalam internet. 
Pertumbuhan pekerjaan Humas baik dengan atau di dalam pemerintahan mengalami ledakan yang cukup besar dalam beberapa tahun terakhir. Ada ribuan pekerjaan Humas dapat ditemukan di tingkat federal, negara, provinsi, bahkan pemerintah daerah. Meskipun nyatanya sampai saat ini, tidak ada strukturdan tanggung jawab khusus yang mempekerjakan seorang pekerja pemerintah untuk melakukan pekerjaan Humas, tapi biasanya pekerjaan Humas dapat ditemukan di meja kebijakan publik, petugas informasi, sekretaris media, atau spesialis komunikasi. 

Tanggung Jawab Staf Humas di Pemerintahan
  • Menyiapkan siaran/liputan media.
  • Mengelola konten laman web Perdana Menteri/Presiden/Kepala Pemerintahan.
  • Menjalankan pusat media asing.
  • Mengelola diplomasi publik yang berada di luar negeri.

Presiden dan Hubungan Masyarakat
Presiden/pemimpin negara punya kendali untuk menggunakan pengaruh hubungan masyarakat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Staf Humas dalam pekerjaannya membantu Presiden menyiapkan konferensi pers bersama media, baik berupa pengumuman, pernyataan, maupun briefing berita harian. Menurut beban kerjanya, banyak yang menamai pekerjaan Humas Presiden sebagai posisi tersulit kedua setelah administrasi. Sekretaris press adalah penanggung jawab dan juru bicara hubungan masyarakat untuk berbagai kegiatan administrasi. 

Komentar