Kelakar Tinggal di Amerika tapi Gak Mahir Berbahasa Inggris

Meski hidup berpuluh-puluh tahun di Amerika, ternyata banyak pendatang yang gak mahir berbahasa Inggris. Semangat untuk sukses di perantauan memang besar di kalangan perantau, tapi semangat untuk belajar adalah hal yang lain. Ada kalanya saya heran ketika ngobrol dengan bapak-bapak atau ibu-ibu yang sudah puluhan tahun tinggal di Amerika, tapi kok bahasa Inggrisnya biasa saja. Padahal eksposur terhadap bahasa Inggris sangatlah tinggi. Dari sesederhana disapa orang di jalan, slogan dan petunjuk arah di tempat umum, sampai hal-hal yang kompleks seperti ketersediaan buku, media, tontonan, sampai komunitas-komunitas akademik, semuanya serba bahasa Inggris dan sangat mungkin untuk bisa diakses. Tapi kalau dipikir-pikir, orang Indo yang tinggal di Indo berpuluh-puluh tahun pun tidak ada garansi mereka bisa mahir berbahasa Indonesia. Entah bahasa lisannya atau tulisannya, gak jarang kita temui orang-orang Indonesia yang belibet dan sulit dimengerti ketika berkomunikasi dengan bahasanya sendir

Course Note: Membangun Hubungan dengan Pemerintahan


Di banyak negara dan daerah, aktivitas politik sudah banyak dikendalikan oleh social media dan web. Internet sudah menjadi tempat bermain untuk melakukan hubungan masyarakat dalam politik. Tak heran jika banyak politikus yang membuat berbagai gebrakan di internet, mulai dari kegiatan sampai pemberitaan, sebab perhatian media banyak terfokus di dalam internet. 
Pertumbuhan pekerjaan Humas baik dengan atau di dalam pemerintahan mengalami ledakan yang cukup besar dalam beberapa tahun terakhir. Ada ribuan pekerjaan Humas dapat ditemukan di tingkat federal, negara, provinsi, bahkan pemerintah daerah. Meskipun nyatanya sampai saat ini, tidak ada strukturdan tanggung jawab khusus yang mempekerjakan seorang pekerja pemerintah untuk melakukan pekerjaan Humas, tapi biasanya pekerjaan Humas dapat ditemukan di meja kebijakan publik, petugas informasi, sekretaris media, atau spesialis komunikasi. 

Tanggung Jawab Staf Humas di Pemerintahan
  • Menyiapkan siaran/liputan media.
  • Mengelola konten laman web Perdana Menteri/Presiden/Kepala Pemerintahan.
  • Menjalankan pusat media asing.
  • Mengelola diplomasi publik yang berada di luar negeri.

Presiden dan Hubungan Masyarakat
Presiden/pemimpin negara punya kendali untuk menggunakan pengaruh hubungan masyarakat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Staf Humas dalam pekerjaannya membantu Presiden menyiapkan konferensi pers bersama media, baik berupa pengumuman, pernyataan, maupun briefing berita harian. Menurut beban kerjanya, banyak yang menamai pekerjaan Humas Presiden sebagai posisi tersulit kedua setelah administrasi. Sekretaris press adalah penanggung jawab dan juru bicara hubungan masyarakat untuk berbagai kegiatan administrasi. 

Komentar